Alasan mengapa kamu tidak boleh mengatakan Rencana dan Impianmu kepada orang lain.

Katakan impianmu. Katakan impianmu kepada orang lain. begitulah banyak orang memberikan nasehat kepada kita yaitu untuk mengatakan impian, rencana, atau cita cita kepada orang lain. Ternyata itu adalah kesalahan besar yang harus kamu hindari. Jadi simpan rencana dan impianmu dan jangan katakan kepada orang lain. Nah berikut ini adalah Alasan mengapa kamu tidak boleh mengatakan rencana dan impianmu kepada orang lain.

Alasan yang pertama adalah menerima pujian awal atas rencanamu membuat kamu merasa puas dan kurang termotivasi

adalah menerima pujian awal atas rencanamu membuat kamu merasa puas dan kurang termotivasi

Dalam sebuah riset oleh Pieter cold Witcher menyimpulkan bahwa, ketika seseorang mengatakan tentang rencana yang akan ia lakukan atau impian yang ingin mereka capai, maka saat itu pula motivasi orang tersebut akan menurun atau berkurang. Ketika kamu mengatakan rencana kamu, maka kamu akan sedikit merasakan kepuasan dan sedikit kepuasan itulah yang membuat motivasi menurun. Contohnya seperti ini, kamu punya rencana ingin berkomitmen melakukan diet selama 3 bulan ke depan, kemudian kamu katakan rencana itu kepada orang lain dan orang lain itu membalas dengan membuat sedikit pujian kepada kamu. Wah… keren banget… semoga sukses. Secara tidak langsung kamu mendapatkan pujian dan pujian itulah yang membuatmu puas dan sedikit kepuasan itu membuatmu kurang termotivasi lagi.

Kemudian alasan Yang kedua adalah jika jiwamu kurang kuat, komentar negatif akan bisa membuatmu frustrasi

Inilah alasan yang paling masuk akal kenapa kamu tidak perlu katakan rencana dan impianmu kepada orang lain.Kadang-kadang kamu berbicara dengan orang yang tidak tepat. Kamu punya rencana yang besar atau impian yang tinggi, kemudian kamu ceritakan kepada orang lain, kemudian orang lain itu bukannya memberikan support, eh malah membuat statemen yang bikin kamu itu don. Misalnya seperti ini,, Ah…. udahlah nggak usah muluk-muluk jadi orang yang rasional. dan statemen lain yang bisa membuatmu down. Komentar-komentar seperti itu, jika kamu nggak kuat Justru malah bikin kamu frustrasi dan hilang motivasi.

Kemudian alasan yang ketiga adalah mendengar tentang kompetisi yang ketat, kadang membuat semangat turun

alasan yang ketiga adalah mendengar tentang kompetisi yang ketat, kadang membuat semangat turun

Ini alasan yang juga sangat masuk akal. Ketika kamu bercerita tentang rencana dan impianmu kepada orang lain, terkadang orang lain juga punya cerita yang lain yang masih ada hubungannya dengan rencana dan cita-citamu. Misalnya begini, kamu punya rencana dan cita-cita ingin mempunyai Skor Tofel 600 untuk bisa mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri, kemudian kamu ceritakan kepada orang lain dan orang lain malah cerita balik ke kamu kalau kompetisi mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri itu sangat ketat. dan juga cerita bahwa banyak mahasiswa mahasiswa cerdas gagal dalam seleksi itu. atau cerita-cerita yang sebenarnya tidak penting dan malah membuatmu kurang termotivasi. Cerita cerita seperti itu adalah cerita yang sebenarnya nggak penting buat didengarkan. Ketika kamu butuh fokus belajar tapi malah dapat cerita-cerita yang tidak memotivasi, justru kadang membuatmu bisa down.

Nah itulah tiga alasan mengapa kamu tidak perlu bercerita tentang rencana dan impianmu kepada orang lain. Dari pada kamu sibuk bercerita tentang impian Mu kepada orang lain, Lebih baik kamu simpan rapat-rapat, kamu fokus meraih cita-citamu itu dengan tekun, tetap fokus pada tujuanmu tanpa terpengaruh orang lain dan semoga rencanamu dan impianmu tercapai. tetap sehat…… tetap semangat.

About the Author

Glenna Angelica

Glenna Angelica

Makasih udah mampir di Editathon.org! Blog ini dibuat dengan tujuan sharing topik apa aja yang penting happy!. Adapun Link yang kami tambahkan di setiap postingan, itu merupakan referensi semata. Kalian bisa menghubungi kami melalui kontak form.